Tanya Jawab Pembatasan akun Shopee dan Solusi Tepatnya

Nunmedia.id – Kamu sedang atau pernah mengalami pembatasan pada akun Shopee? Tentu saja hal tersebut sangat menyebablkan, bukan? Oleh sebab itu, tanya jawab pembatasan akun Shopee perlu diketahui bagi kamu yang sedang mengalaminya.

Hal tersebut tentu saja untuk mendapatkan kenyamanan kembali untuk menggunakan aplikasi Shopee dan tentu saja bisa mendapatkan solusi atas pembatasan di Shopee yang sedang terjadi. Yuk, simak tentang tanya jawab pembatasan aplikasi Shopee berikut ini.

Kenapa Akun Shopee Dibatasi?

Kenapa Akun Shopee Dibatasi

Apa itu pembatasan akun Shopee? Apa yang menyebabkan? Tenang, kamu tak perlu panik. Kamu hanya perlu menyimak semua pembahasan dalam tulisan ini. Lalu, apa yang dimaksud dengan pembatasan akun Shopee?

Pembatasan akun Shopee berarti akun pengguna tak dapat dipakai untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Hal tersebut tentu saja tidak terjadi begitu saja tanpa alasan, melainkan ada beberapa alasan yang menyebabkannya.

Memang terkadang pengguna tak paham dengan letak kesalahan tersebut. Adapun beberapa alasan atau kesalahan yang membuat akun dibatasi antara lain memalsukan informasi tentang barang yang dijual, menyalahgunakan voucher yang ada di Shopee.

Tak hanya itu, akun pengguna yang dibekukan bisa disebabkan karena terindikasi melakukan penipuan, menyalahgunakan gratis ongkir, spam yang berlebihan, menjual barang atau produk duplikat, mengarahkan pembeli untuk transaksi diluar Shopee utnuk para pemilik toko di Shopee.

Selain itu, tindakan lain yang menyebabkan pembatasan akun Shopee yaitu mempunyai lebih dari 5 toko dengan data pribadi yang sama, ada percobaan peretasan akun, pembuatan pesanan palsu, tagihan SPaylater yang belum dibayarkan, melanggar syarat layanan Shopee.

Alasan lain selain diatas seperti produk sudah dihapus lebih dari 20 kali oleh pihak Shopee, adanya pelanggaran kebijakan logo pada profil toko, dan memasukkan produk digital serta jasa ke dalam kategori dan sub kategori yang tak tepat.

Apa yang Perlu Dilakukan untuk Memulihkan Akun Shopee yang Dibatasi?

Apa yang Perlu Dilakukan untuk Memulihkan Akun Shopee yang Dibatasi

Bagaimana, apakah ada salah satu hal yang menyebabkan akun Shopee milik kamu dibatasi? Setelah kamu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan akun Shopee dibatasi maka tanya jawab pembatasan akun Shopee ini sangat penting untuk kamu ketahui, bukan?

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Dibatasi

Lalu, apa yang harus kamu lakukan untuk memulihkan akun Shopee yang dibatasi? Hal pertama yang bisa kamu lakukan tentu saja menghubungi Cutomer Service (CS) dari Shopee melalui aplikasi. Caranya cukup mudah sekali, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghubungi CS Shopee.

  • Bukalah aplikasi Shopee di perangkat yang kamu pakai
  • Klik pada menu Chat with live agent
  • Tunggulah hingga panggilan tersebut tersambung
  • Setelah berhasil tersambung, kamu akan dipandu untuk mengisikan formulir
  • Pastikan kamu mengisi semua formulir dengan benar dan sesuai supaya akun Shopee yang dibekukan bisa kembali pulih
  • Setelah semua formulir telah terisi, klik kirim
  • Tunggulah hingga kamu mendapatkan email dari Shopee terkait dengan kelanjutan proses pemulihan akun disertai dengan alasan pihak Shopee yang membatas akun milik kamu
  • Tunggulah 1 hingga 3 hari untuk mendapatkan balasan tersebut

Cara Pengajuan Pengaktifan Akun Shopee yang Dibatasi

Untuk memulihkan akun Shopee yang dibatasi, kamu bisa mengajukan banding dengan mengisi formulir pengajuan pengaktifan akun dan melampirkan dokumen-dokumen berikut ini.

  • Foto salah satu identitas sah yang kamu miliki seperti KTP, SIM, kartu pelajar, dan lain sebagainya
  • Fotokopi dokumen izin usaha bila memang kamu memilikinya. Bila tidak, maka tak perlu karena dokumen ini sifatnya opsional
  • Bukti dari pengiriman produk
  • Bukti bahwa kamu pernah mempunyai produk tersebut seperti resi, faktur supplier, dan lain sebagainya
  • Informasi lengkap terkait dengan bisnis yang kamu jalankan, misalnya bagaimana kamu menjalankan bisnis, ukuran dari tim bisnis, apakah kamu menjalankan bisnis di platform lain, dan informasi lainnya
  • Mengisikan surat pernyataan tak akan mengunggah ulang produk yang dilarang atau dibatasi untuk diperjualbelikan di aplikasi Shopee
  • Mengisikan dengan lengkap surat pernyataan yang menyatakan bahwa penjual tak akan mengunggah, mengubah produk, dan membuat produk yang melanggar aturan sesuai dengan Kebijakan Penjualan di Shopee

Berapa Lama Pembatasan Akun Shopee?

Kira-kira berapa lama akun Shopee akan dibatasi bila pengguna terindikasi melakukan kesalahan yang sudah disebutkan tadi? Tanya jawab pembatas di Shopee tentang yang satu ini memang seringkali dicari informasi oleh pengguna yang akunnya mengalami pembatasan.

Perlu kamu ketahui bahwa Shopee akan melakukan pembatasan akun pada pengguna yang terindikasi melanggar atau berbuat kesalahan karena tak memenuhi syarat dan ketentuan Shopee, akun yang dibatasi akan ditutup secara permanen selama 30 hari setelah pemberitahuan dikirimkan.

Tentu saja, akun yang dibatasi akan ditutup secara permanen tersebut memiliki alasan diantaranya karena pengajuan naik banding tak dilakukan dalam waktu 30 hari atau pengajuan naik yang sudah dilakukan melakui cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya gagal diproses atau ditolak.

Oleh sebab itu, bila akun Shopee mengalami pembatasan tak perlu khawatir. Kamu hanya perlu untuk lakukan banding dalam waktu 30 hari. Pastikan saat kamu melakukan banding, semua prosesnya bisa dilakukan dengan baik supaya pengajuan banding berhasil dilakukan.

Bagaimana Agar Akun Tak Dibatasi?

Setelah kamu melakukan pengajuan banding dan bila pengajuan banding berhasil kamu lakukan maka pembatasan akun Shopee akan dicabut. Dengan begitu maka akun akan kembali pulih dan bisa dipakai seperti biasanya lagi.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah pastikan kamu membaca dan memahami email yang dikirimkan Shopee tentang alasan mengapa sebelumnya akun Shopee milik kamu dilakukan pembatasan, Hal tersebut agar kamu mengetahui masalah yang diperbuat dan tak mengulanginya kembali.

Sebab pembatasan akun Shopee bisa dilakukan kapan saja sepanjang pengguna aplikasi telah melakukan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Shopee. Pembatasan di Shopee ini tentu saja sebagai bentuk perlindungan Shopee kepada pengguna lainnya.

Oleh sebab itu, Shopee akan memberikan sanksi berupa pembatasan akun pada pihak yang dinilai tak bijak dan tak bertanggung jawab dalam menggunakan Shopee. Oleh sebab itu, jangan pernah melanggar ata melakukan tindakan apapun yang bisa menyebabkan akun Shopee dibatasi.

Jadilah pengguna yang fair dan tak merugikan orang lain. Sebab saat kamu merugikan orang lain maka sama saja mendekatkan diri ke dalam kerugian pula. Bila kamu telah berhasil memulihkan akun, selamat menggunakan akun Shopee milik kamu kembali.

Untuk selalu ingat bahwa gunakan akun Shopee yang kamu miliki dengan lebih baik dan bijak. Pastikan kamu mematuhi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Shopee. Apabila terdapat tanya jawab yang belum dipahami, kamu bisa langsung menghubungi CS Shopee.

Demikian pembahasan tentang seputar tanya jawab pembatasan akun Shopee. Semoga informasi diatas bisa membantu memulihkan kembali akun Shopee yang dibatasi. Gunakan akun Shopee secara fair dan tak merugikan orang lain untuk menghindari pembatasan di Shopee.